wali.co.id
  • Home
  • Kesehatan
  • PKK dan Dinas Kesehatan Madina Adakan Sosialisasi dan IVA Test
Selasa, 25 April 2017 23:59:00

PKK dan Dinas Kesehatan Madina Adakan Sosialisasi dan IVA Test

MS Putra
Ketua TP PKK Madina Ika Desiska, Kadis Kesehatan drg Ismail Lubis, dan dokter foto bersama usai sosialisasi.

Wali.co.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Madina melakukan sosialisasi dan IVA Test, di Puskesmas Panyabungan Jae, Madina, Sumatera Utara, Selasa (25/4/2017).

Hadir dalam acara sosialisasi itu, Ketua TP PKK kabupaten Mandailing Natal  Ika Desiska, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madina Ismail Lubis, Kepala BPJS Panyabungan, ratusan ibu-ibu pemakai kartu BPJS di lingkungan Puskesmas Panyabungan Jae.

“Pemeriksaan kanker mulut rahim ini merupakan program kerja sama antara  PKK Kabupaten Mandailing Natal dengan Dinas Kesehatan Madina dan BPJS Panyabungan,” jelas Kadis Kesehatan Madina drg Ismail Lubis kepada wartawan.

Pemeriksaan kanker rahim terhadap ibu-ibu ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya.

Selama pemeriksaan yang dilakukan pihaknya , telah dilakukan pemeriksaan kanker mulut rahim kepada  156 orang, dengan rincian pemeriksaan 136 orang dilakukan di Puskesmas Panyabungan Jae, selebihnya di Puskesmas  Gunungtua, ujarnya.

“Ibu-ibu  harus sehat makanya kita lakukan pemeriksaan kanker mulut rahim. Ini merupakan  langkah awal  deteksi dini kepada  para ibu-ibu atas penyakit kanker mulut rahim sehingga nantinya bisa ditangani dengan cepat,” sebut Kadis.

““Jika nanti ada yang positif terkena kankir rahim kita akan melakukan rujukan ke rumah sakit umum,” imbuhnya.

Sementara Ketua TP PKK Madina Ika Desiska dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan dari  data kesehatan bahwa penderita kanker mulut rahim/serviks berada pada urutan teratas pada perempuan Indonesia. Untuk itu kaum ibu diharapkan untuk senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan diri.

Penyakit kanker mulut rahim merupakan penyakit yang timbul hampir tanpa ada gejala dan biasanya penderita yang terdeteksi sebagian besar sudah dalam stadium lanjut, akibatnya sangat  sulit terobati dan kemungkinan akan menimbulkan kematian, ujarnya.

“Penyakit ini sangat sulit terobati dan kemungkinan menimbulkan kematian, untuk itu saya ingatkan agar ibu-ibu senantiasa menjaga kesehatan diri,” ujarnya.

Dengan adanya program peningkatan pencegahan deteksi kanker pada kaum perempuandari PKK ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum perempuan.

Dengan dilaksanakannya program pelaksanaan IVA Test tersebut para ibu juga diimbau  dan diajak untuk selalu datang ke puskesmas di seluruh kecamatan di Mandailing Natal untuk melakukan pemeriksaan kanker mulut rahim.

“Dengan adanya IVA Test sedini mungkin penyakit kanker mulut rahim akan dapat terdekteksi,” harapnya. (MS Putra)

Copyright © 2017 wali.co.id. All Rights Reserved