wali.co.id
  • Home
  • Indonesia
  • Gubernur Sumatera Utara Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Perambahan dan Alih Fungsi Hutan Kaki Gunung Lubuk Raya
Minggu, 14 Mei 2017 19:25:00

Gubernur Sumatera Utara Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Perambahan dan Alih Fungsi Hutan Kaki Gunung Lubuk Raya

Istimewa
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meresmikan Kolam Renang Lala Sari Dewi di Komplek Kaisar Water Boom, Poken Jior, Kecamatan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (13/5/2017).
Wali.co.id - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mendesak aparat penegak hukum, terutama pihak kepolisian untuk menindak tegas pelaku perambahan hutan terutama illegal logging yang masih marak terjadi diberbagai daerah di Sumatera Utara, khususnya di Tapanuli Selatan.
 
“Perambahan dan pengalihfungsian lahan tanpa memiliki izin resmi dari pemerintah merupakan tindakan illegal dan harus diberi efek jera karena telah menimbulkan kerusakan,”ujar Tengku Erry Nuradi kepada wartawan pada acara peresmian Kolam Renang Lala Sari Dewi di Komplek Kaisar Water Boom, Poken Jior, Kecamatan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (13/5/2017).
 
Lebih lanjut dia mengatakan, perambahan dan pengalihfungsian hutan yang terjadi diberbagai daerah Sumatera Utara berpotensi menimbulkan bencana seperti yang terjadi di Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal baru baru ini. ”Yang namanya tindakan illegal harus ditindak,” jelas Gubernur.
 
Untuk itu Gubernur berharap kepada aparat kepolisian dan pihak terkait mengambil langkah langkah nyata yang dapat memberi efek jera terhadap illegal loging baik yang ada di Tapanuli Selatan maupun di daerah lainnya.
 
“Tangkap pelakunya,” ujarnya.
 
Sementara itu, Wadir Binmas Polda Sumatera Utara AKBP Parluatan Siregar mengatakan, pemberantasan dan pencegahan illegal loging menjadi salah satu fokus utama Presiden Joko Widodo.
 
“Pihak kepolisian dan masyarakat harus bersama-sama menjaga hutan, karena sudah menjadi salah satu fokus utama program pemerintahan Joko Widodo,” tandasnya.  
 
Dia mengatakan, pihak kepolisian juga mempunyai komitmen yang tinggi dalam memberantas illegal loging di Sumatera Utara. Namun, tentunya, pemberantasan tersebut harus sesuai dengan kaidah hukum, sehingga tidak ada tindakan-tindakan yang nantinya melanggar hukum. (Saut Togi Ritonga)
Copyright © 2017 wali.co.id. All Rights Reserved