wali.co.id
  • Home
  • Ekonomi
  • Pasaraya MMTC Diharapkan Dapat Akomodasi Pedagang Medan dan Deli Serdang
Rabu, 10 Mei 2017 17:39:00

Pasaraya MMTC Diharapkan Dapat Akomodasi Pedagang Medan dan Deli Serdang

Istimewa
Walikota Medan T Dzulmi Eldin S meninjau Pasaraya MMTC.

Wali.co.id - Walikota Medan T Dzulmi Eldin S mengapresiasi dan mendukung penuh kehadiran Pasaraya di Komplek Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) Jalan Willem Iskandar, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Diharapkan pasar tradisioinal modern yang dibangun di atas lahan sekitar 7 hektar ini dapat mengakomodasi para pedagang dari Kabupaten Deli Serdang maupun Kota Medan.

Apresiasi ini disampaikan Walikota ketika ketika menghadiri Soft  Opening  Pasaraya, Rabu (10/5/2017). Soft opening juga dihadiri Kadisperindag Sumut Alwin Sitorus mewakili Gubernur. Asisten Ekbang Sa’adah Lubis mewakili Bupati Deli Serdang, Kabg Ops AKBP D Sembiring mewakili Kapolrestabes Medan, Komisaris Utama PT Deli Metropolitan T Ahmad Ta’ala, serta Pimpinan BRI Cabang KCK Jakarta Wahyu Widodo.

“Selain mengakomodasi para pedagang, kita pun berharap agar Pasaraya ini dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang bermukim di  Kota Medan dan Deli Serdang, sebab lokasi Pasaraya ini sangat strategis lantaran berada di antara kedua wilayah sehingga memudahkan masyarakat menjangkaunya,” kata Walikota.

Dengan soft opening yang dilakukan ini, Walikota ingin Pasaraya menjadi salah satu lokasi alternatif berbelanja bagi masyarakat. Apalagi pasar ini diproyeksikan akan menjadi pusat belanja, busana, elektronik serta kuliner. Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan itu pun berharap agar barang yang dijual berkualitas dan harganya terjangkau masyarakat.

“Kita berharap Pasaraya dapat maju dan berkembang. Tentunya hal ini akan menjawab tantangan bagaimana kita bisa membangun pasar tradisional modern. Semoga kehadiran pasar ini dapat menggeliatkan perekonomian kedua wilayah (Medan dan Deli Serdang),” harapnya.

Direktur Pasaraya MMTC Syarifuddin Rosa dalam laporannya menjelaskan, Pasaraya tahap pertama dibangun 2.000 kios. Dari jumlah itu, 1.000 kios digunakan untuk pasar basah yang menjual aneka ikah, sayuran, buah dan daging. Sedangkan 1.000 kios lagi digunakan untuk pasar kering yang menjual sembako, busana, elektronik serta kuliner.

“Dari 2.000 kios ini, lebih kurang 1.600 kios sudah ada yang membayar sewanya. Selanjutnya kita akan membangun Pasaraya tahap kedua. Kita harapkan pembangunannya selesai Agustus mendatang,” jelas Syarifuddin.

Kemudian  Syarifuddin menambahkan, ada 2 provinsi yang terlibat dalam mensuplai sayuran maupun buah di Parasaya yakni Aceh dan Sumatera Utara. Di samping itu melibatkan para pedagang yang berasal dari 8 kabupaten/kota di Sumut, seperti  Kota Pematang Siantar, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Deli Serdanmg, Kabupaten Karo, Kota Binjai, Kota Medan serta Kabupaten Langkat.

Soft Opening Pasaraya MMTC ini ditandai dengan pemukulan gendang yang dilakukan Walikota bersama yang mewakili Gubernur, Bupati Deli Serdang, Kapolrestabes Medan, Komisaris Utama PT Deli Metropolitan serta Pimpiman BRI Cabang KCK Jakarta disertai dengan pelepasan balon. Acara ini juga dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan pedagang Pasaraya. (Suwardi Sinaga)

Copyright © 2017 wali.co.id. All Rights Reserved