wali.co.id
  • Home
  • Ekonomi
  • PT Totalindo Eka Persada Berpotensi Jadi Initial Public Offering Terbesar di Indonesia Tahun Ini
Kamis, 27 April 2017 11:26:00

PT Totalindo Eka Persada Berpotensi Jadi Initial Public Offering Terbesar di Indonesia Tahun Ini

Istimewa
Dirut PT Totalindo Eka Persada Donald Sihombing dan manajemen.

Wali.co.id - PT Totalindo Eka Persada masuk ke dalam daftar calon emiten yang bakal menggelar initial public offering (IPO) dalam waktu dekat. Bahana Sekuritas dan Indo Premier Securities menjadi undewriter lokal yang mengawal perhelatan tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Utama PT Totalindo Eka Persada Donald Sihombing melalui seluler, Kamis (27/4/2017).

Lanjut Donald, nilai emisi yang akan diterbitkan Totalindo Eka Persada berpotensi menjadi salah satu yang terbesar tahun ini. Totalindo saat ini mengincar dana segar US$ 120 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Saham yang diterbitkan Totalindo juga akan ditawarkan ke investor asing. Sebab, selain kedua underwriter lokal itu, ada nama CLSA yang turut membantu IPO Totalindo.

Donald menambahkan, pendekatan awal ke sejumlah investor terutama asing sudah dilakukan dan akan berlangsung hingga 3 Mei nanti. Order book rencananya akan dimulai pada 8 Mei untuk kemudian dilanjutkan pada penetapan harga pelaksanaan pada 22 Mei mendatang.

Ketika ditanyakan kepercayaan yang cukup besar diberikan kepada PT Totalindo Eka Persada, Donald menyatakan untuk pembangunan mega proyek yang dipercayakan Agung Podomoro Land bukanlah yang pertama kali namun telah delapan kali yang nilai investasinya triliunan rupiah seperti Kalibata City dengan 18 gedung, dan beberapa mega proyek lainnya.

“Dapat dikatakan PT Totalindo merupakan perusahaan kontraktor profesional yang spesialisasinya membangun gedung tinggi seperti membangun 42 lantai di Jakarta dengan waktu 10 bulan dan pernah juga melakukan pembangunan kantor di luar negeri seperti di Abu Dhabi, dan kita sangat berterima kasih, sebab PT Totalindo Eka Persada tetap masih dipercaya,” ucapnya mengakhiri.

Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan sudah ada sekitar 15 calon emiten yang proses awal IPO-nya sudah melewati pintu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua menggunakan buku Desember. “Jadi, seharusnya Juni ini selesai,” kata Tito.

Selain Totalindo, sejumlah emiten lainnya yang bakal IPO adalah, Sariguna Primatirta, Terragra Asia Energy yang sudah melakukan public expose, Sanur Hasta Mitra dan sepuluh calon emiten lainnya. Sementara, Nusantara Pelabuhan Handal sudah lebih dahulu mengeksekusi perhelatan tersebut.

Dari sisi kinerja, performa Totalindo selama tiga tahun terakhir cukup menarik. Tahun lalu, Totalindo mencatat pendapatan Rp3,13 triliun, naik hampir 200% dibanding pendapatan 2014 sebesar Rp1,05 triliun. Laba bersihnya juga meningkat signifikan, dari hanya Rp90 miliar, lalu naik lebih dari 100% menjadi Rp201 miliar pada 2016. (Freddy Hutasoit)

Copyright © 2018 wali.co.id. All Rights Reserved