wali.co.id
  • Home
  • Ekonomi
  • KS Orka Akuisisi 100 Persen Saham, Wakil Bupati Madina Tuding PT SMGP Lakukan Pembohongan Publik
Jumat, 26 Agustus 2016 21:30:00

KS Orka Akuisisi 100 Persen Saham, Wakil Bupati Madina Tuding PT SMGP Lakukan Pembohongan Publik

Istimewa
Wakil Bupati Madina M Jakfar Sukhairi Nasution.

Wali.co.id - Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) M Jakfar Sukhairi Nasution menganggap PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) telah melakukan pembohongan publik.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Madina sehubungan terjadinya akuisisi 100 persen saham PT SMGP oleh KS Orka Renewables Pte Ltd Singapura (KS Orka).

Sukhairi juga menganggap PT SMGP telah nyata-nyata melakukan pembohongan publik dengan tidak menepati kesepakatan yang telah dibangun termasuk dalam hal CSR, dan menyelesaikan 2 drilingi per Agustus 2015 serta kesepakatan lainnya untuk Madina.

Menjual saham 100 persen ke KS Orka dengan modal kertas, PT SMGP telah mengambil keuntungan dari kekayaan alam Madina yang dapat memicu kebencian masyarakat terhadap investor yang dapat berdampak pada iklim investasi nantinya, ucap Sukhairi.

Karena itu Wabup Madina yang akrab disapa Katua Godang ini sangat menyayangkan sikap investor, yang terkesan tidak mengindahkan kearifan lokal masyarakat Madina.

Atas dasar itu pula ia yakin masyarakat Madina akan berontak sehingga pihak KS Orka tidak akan bisa bekerja dengan baik, karena masyarakat Madina khususnya yang berada di lingkar tambang sudah terlanjur kecewa dibuktikan dengan terjadinya kerusuhan massa 11 November 2014 menelan korban nyawa manusia.

Pada prinsipnya kata Sukairi Nasution, ia secara pribadi atau masyarakat Madina tidak menolak investasi tambang panas bumi di Madina sepanjang itu nyata memberikan dampak positif buat daerah dan masyarakat, dan yang terpenting kehadiran investor tidak membuat masyarakat terkotak-kotak.

Tidak juga bermaksud melawan kebijakan Presiden RI Joko Widodo, namun janganlah seperti gaya koboi terkesan bertindak sesuka hati.

Saat ini kata Sukhairi Nasution, aksi penolakan masyarakat terhadap KS Orka makin nyata terlihat meningkat baik itu di media sosial maupun warung-warung saat ini condong membicarakan yang menggambarkan sikap anti PT SMGP maupun KS Orka.

“Karena itu saya ingatkan PT SMGP ataupun KS Orka jangan anggap enteng terhadap masyarakat Madina meskipun sudah mendapat izin dari pemerintah pusat, daripada rakyat saya yang menderita dan jadi korban nantinya, lebih bagus pihak investor tarik diri dari Madina, karena kekayaan sumber daya alam Madina ini bukan untuk diperjualbelikan seperti yang dilakukan PT SMGP,” ucap Wabup Madina.

Sukairi Nasution juga berharap supaya pihak DPRD Madina secepatnya mengambil langkah-langkah konkrit dalam menyikapi proses peralihan saham dari PT SMGP ke KS Orka, karena aksi demonstrasi oleh massa PMII kemarin menjadi salah satu indikator bahwa KS Orka kurang berterima dihati masyarakat Madina.

“Terus terang saya sudah pelajari siapa KS Orka ini adalah perusahaan yang baru dan belum berpengalaman banyak meski memiliki tenaga ahli, saya khawatir hal itu makin memancing amarah masyarakat,” ucapnya. (MS Putra)

Copyright © 2018 wali.co.id. All Rights Reserved